Guidelines IFSA 3.0

Panduan Pendaftaran

Panduan Pendafaran

#1
Pertama yuk registrasi dan kumpulkan ide penelitian kamu secepatnya dengan menekan tombol di bawah ini
#2
Cek email kamu, kami akan mengirimkan email konfirmasi.
#3
Selamat meneliti! Belum punya ide penelitian? Yuk cek paper-paper IFSA sebelumnya :
#4
Tulis hasil penelitian kamu sesuai dengan template yang tersedia. Kalo kamu kumpulin sebelum 17 Januari 2021, kamu bisa dapet early review loh!
#5
Pengumpulan paper dilakukan melalui Google Classroom yang akan diberikan melalui e-mail. Pastikan kamu mempunyai akun google ya. Upload paper kamu sebelum 31 Januari 2021!
#6
Saatnya menunggu pengumuman! 20 Finalis IFSA 3.0 akan diumumkan pada 15 Februari 2021 melalui media sosial LST Faculty SGU. Jangan lupa follow ya :
#7
20 Finalis harus merevisi papernya sesuai feedback reviewer, dan menyiapkan poster dan video presentasi. Pengumpulan terakhir pada 1 Maret 2021 ya!
#8
Sampai bertemu di Grand Final IFSA 3.0 - 20 Maret 2021!
Catatan
Catatan
Kriteria Penilaian
Kriteria Penilaian
No
Kriteria
Penjelasan
1.
Tema/Judul: lucu, observable & relatable
Tema diharuskan memiliki unsur lucu, unik, nyeleneh, menarik, dan merupakan fenomena yang sering di amati pada kehidupan sehari-hari.
2.
Penulisan
Penulisan diharuskan memiliki komponen laporan yang lengkap, menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan ragam ilmiah, serta memliki alur penulisan jelas terstruktur dan logis.
3.
Abstrak
Abstrak diharuskan memiliki unsur tujuan, metode, dan kesimpulan secara ringkas, namun sangat informatif dan menggambarkan keseluruhan isi laporan.
4.
Pendahuluan
Pendahuluan
a. Latar Belakang
Dasar pemilihan masalah harus disampaikan dengan jelas, dan merupakan sesuatu yang didasari oleh rasa ingin tahu yang kuat.
b. Masalah & Tujuan
Permasalahan yang diteliti dan tujuan penelitian harus disampaikan dengan jelas, terukur, dan saling berhubungan dan memiliki dasar yang diambil dari referensi yang relefan. Korelasi antara masalah dan tujuan dengan Latar Belakang yang harus terlihat dengan jelas.
c. Ruang Lingkup Kajian
Memiliki lingkup kajian yang disampaikan dengan spesifik dan jelas.
5.
Metodologi
Metode pengukuran/ observasi disampaikan dengan jelas, sesuai kaidah ilmiah dan dilaksanakan dengan baik. Metodologi juga harus memiliki hubungan yang jelas dengan Masalah/ Tujuan.
6.
Hasil & Pembahasan
a. Data
Data harus disajikan dengan mendetail.
b. Hubungan Antara Data & Analisis
Keseluruhan data harus dianalisis secara mendetail dan terstruktur.
7.
Kesimpulan
Kesimpulan harus menjawab tujuan penelitian.
8.
Penggunaan Pustaka
Laporan harus mensitasi lebih dari 5 pustaka sesuai, sebagian besar dari 10 tahun terakhir, dan disitasi dengan cara yang benar secara ilmiah.